Detail Berita

Percaya Diri, Awal Kesuksesan Hidup Kita

Admin 19/07/2018

Percaya Diri, Awal Kesuksesan Hidup Kita  

Salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan kita dalam hidup ini adalah rasa percaya diri. Dengan adanya rasa percaya diri maka akan terbuka banyak kesempatan, entah di dunia pekerjaan, studi, pergaulan sosial dan lainnya. Contoh, seorang marketing harus percaya diri dalam menawarkan produk atau barang yang dijualnya, seorang pelajar harus percaya diri bisa menjawab soal ujian dan lainnya. Percaya diri merupakan kondisi mental atau psikologis seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan suatu tindakan. Percaya diri memiliki 4 macam aspek, yakni : • Self-concept (bagaimana kita melihat potret diri secara keseluruhan) • Self-esteem (perasaan positif terhadap diri sendiri) • Self-efficacy (keyakinan atas kapasitas diri atau kemampuan untuk menjalankan tugas atau menangani persoalan) • Self-confidence (keyakinan atas kemampuan dan merasa “pantas” untuk berhasil). Tidak semua orang memiliki cukup percaya diri, yang mana dapat membelenggu pikiran kita untuk sukses dan berhasil. Lantas, bagaimana cara untuk membangkitkan rasa percaya diri dalam diri kita? Ikuti tips-tips dibawah ini :  

1.     
Anda Adalah Juara
Anda adalah juara dari jutaan sel sperma, karena sebelum dilahirkan sudah berhasil melakukan perjalanan sulit hingga sampai di dalam rahim sang ibu. Andalah pemenangnya.  

2.     
Mengenal Diri Sendiri
Kenalilah diri sendiri dari luar hingga dalam, temukan apa kelebihan dan kekurangan sendiri.  

3.     
Tulis Prestasi dan Simpan
Buat dan tulis daftar prestasi yang pernah Anda capai, dan renungkan bahwa itu bukan kebetulan karena sesungguhnya Anda punya prestasi karena memiliki kemampuan.  

4.     
Siapa Yang Menyayangi Anda?
Anda pasti memiliki orang yang menyayangi, entah keluarga atau sahabat. Jangan pernah merasa sendiri karena sekalipun tidak ada yang menyayangi & memperhatikan Anda, ada Tuhan Sang Pencipta yang menyayangi Anda.  

5.     
Ubah Paradigma Dengan Perkataan Positif
Ubah setiap kata menjadi power atau kekuatan positif. Contoh, jika hasil ujian gagal maka ucapkanlah “saya harus lebih baik dalam ujian besok” atau “Saya belajar dari pengalaman ini untuk menjadi lebih baik di masa mendatang”, atau ketika sedang tersesat ucapkanlah “Saya hanya belum mengenal daerah ini”.  

6.     
Buang Rasa Takut
Pernah merasa takut ditolak, takut gagal, takut ditertawakan atau takut yang lain? Buang semua rasa takut itu dengan cara selalu berpikir positif. Buang segala pikiran negatif.  

7.     
Uang Bukan Segalanya
Tidak perlu minder dengan kelebihan materi orang lain. Dengan semangat, kerja keras disertai doa, Anda pasti akan bisa memiliki apapun yang Anda inginkan dengan kesuksesan-kesuksesan yang datang.  

8.     
Kembangkan Potensi Sesuai Minat
Kenali apa kemampuan yang Anda miliki atau sukai. Dengan menggali potensi dan mengembangkannya, secara tidak langsung sudah meningkatkan rasa percaya diri.  

9.      Tambah Wawasan & Pengetahuan
Memiliki pengetahuan luas akan membantu meningkatkan rasa percaya diri.